Manfaat Fosfor (P) Untuk Tanaman



Unsur Fosfor sangat berguna bagi tanaman karena berperan penting dalam pembentukan albumin, pembelahan sel untuk daun, buah dan biji serta untuk pembentukan bunga. Selain itu, unsur hara Fosfor juga berfungsi untuk memperkuat batang, mempercepat pematangan buah, memperbaiki kualitas tanaman, perkembangan akar, serta meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Sebagaimana yang umum diketahui dalam dunia pertanian bahwa unsur Fosfor (Phospat) merupakan salah satu unsur hara makro yang dibutuhkan makhluk hidup dalam hal ini adalah tumbuhan. Termasuk makro karena kebutuhan tanaman akan unsur fosfor cukup banyak selama fase pertumbuhannya.

Unsur Fosfor diperlukan dalam jumlah yang lebih sedikit daripada unsur Nitrogen dan Kalium. Ini karena, Fosfor tidak mudah terlarut dalam air dan cenderung memiliki pergerakan yang lambat di dalam tanah. Meskipun begitu, Fosfor merupakan kunci kehidupan dalam pertanian yang tidak bisa dilewatkan peranannya.

Manfaat fosfor bagi tanaman sendiri cukup vital yakni untuk merangsang perakaran yang kuat dan merangsang pembungaan tanaman. Sebagian anda mungkin telah mengenal pupuk SP-36 yang fokus ke kandungan unsur Fosfor.

Sumber Fosfor

1. SP36

Mengandung 36% fosfor dalam bentuk P2O5.pupuk ini terbuat dari fosfat alam dan sulfat. Berbentuk butiran dan berwarna abu-abu. Sifatnya agak sulit larut dalam air dan bereaksi lambat sehingga selalu digunakan sebagai pupuk dasar. Reaksi kimianya tergolong netral, tidak higroskopis dan bersifat membakar.

2. Amonium Phospat

Monoamonium Phospat (MAP) memiliki analisis 11.52.0. Diamonium Phospat memiliki (DAP) analisis 16.48.0 atau 18.46.0. pupuk ini umumnya digunakan untuk merangsang pertumbuhan awal tanaman (styarter fertillizer). Bentuknya berupa butiran berwarna cokelat kekuningan. Reaksinya termasuk alkalis dan mudah larut di dalam air. Sifat lainnya adalah tidak higroskopis sehingga tahan disimpan lebih lama dan tidak bersifat membakar karena indeks garamnya rendah.

Fosfor merupakan komponen penyusun beberapa enzim , protein , ATP , RNA , dan DNA. ATP penting untuk proses transfer energi , sedangkan RNA dan DNA menentukan sifat genetik tanaman. Unsur P juga berperan pada pertumbuhan benih , akar , bunga , dan buah. Dengan membaiknya struktur perakaran sehingga daya serap nutrisi pun lebih baik.
Bersama denga kalium , fosfor dipakai untuk merangsang pembungaan. Hal itu wajar sebab kebutuhan tanaman terhadap fosfor meningkat tinggi ketika tanaman akan berbunga.

Pupuk Posfat (P) bagi Tanaman berperan dalam proses:

a. respirasi dan fotosintesis
b. penyusunan asam nukleat
c. pembentukan bibit tanaman dan penghasil buah.
d. Perangsang perkembangan akar, sehingga tanaman akan lebih tahan terhadap kekeringan, dan,
e. Mempercepat masa panen sehingga dapat mengurangi resiko keterlambatan waktu panen.

a). Kekurangan pupuk  Fosfor

Dimulai dari daun tua menjadi keunguan cenderung kelabu. Tepi daun cokelat , tulang daun muda berwarna hijau gelap. Hangus , pertumbuhan daun kecil , kerdil , dan akhirnya rontok. Fase pertumbuhan lambat dan tanaman kerdil.

b). Kelebihan

Kelebihan P menyebabkan penyerapan unsur lain terutama unsur mikro seperti besi (Fe) , tembaga(Cu) , dan seng(Zn) terganggu. Namun gejalanya tidak terlihat secara fisik pada tanaman.
 

Start typing and press Enter to search